Show simple item record

dc.contributor.advisorMuzayin Nazaruddin, S.Sos
dc.contributor.advisorPuji Hariyanti S.Sos., M.I.Kom
dc.contributor.authorDyah Pratita Anindita
dc.date.accessioned2022-03-10T03:58:36Z
dc.date.available2022-03-10T03:58:36Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36450
dc.description.abstractDYAH PRATITA ANINDITA. 07331059. Strategi Kreatif Program Siaran Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program “Nruthus” di Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV Surabaya). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012. Hadirnya televisi lokal di Indonesia, telah memberikan nuansa baru bagi pemirsa televisi yang selama ini disuguhi tayangan-tayangan yang seragam dan monoton dari stasiun-stasiun televisi nasional. Penelitian ini mengungkap strategi kreatif yang digunakan oleh stasiun televisi lokal dalam era persaingan yang ketat. Berdasarkan kerangka pikir tersebut, penelitian ini mengambil judul Strategi Kreatif Program Siaran Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program “Nruthus” di Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV Surabaya). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan membandingkan strategi kreatif program yang digunakan oleh televisi lokal. Objek dari penelitian ini adalah Madiun TV dan Arek TV Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengetahuan bagi akademis maupun masyarakat dalam hal kajian Strategi Kreatif Program Siaran pada Televisi Lokal. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, antara lain: a) Konsep programming kedua stasiun televisi lokal tersebut menggunakan format dominant. Yaitu ide cerita atau konsep dari sebuah pertunjukan merupakan kunci utama keberhasilan program, sedangkan pemain dipilih untuk memenuhi persyaratan ide cerita. b) Penerapan tahapan produksi kedua stasiun televisi lokal ini sudah sesuai dengan tahapan proses produksi, dimulai dari merencanakan ide kreatif, proses pengambilan gambar atau shooting, kemudian proses paska produksi yaitu editing. c) Pembiayaan kedua stasiun televisi lokal ini berbeda, “Nruthus” di Madiun TV dibiayai oleh perusahaan sepenuhnya sedangkan “Sehari Di” di Arek TV berasal dari iklan yang masuk pada program tersebut. d) Strategi kreatif programming kedua stasiun televisi lokal ini juga berbeda, “Nruthus” selalu melibatkan penonton dalam penentuan ide cerita serta mempromosikan tayangan yang akan datang lewat akun facebook “Nruthus”, sedangkan “Sehari Di” selalu mengajak masyarakat sekitar ketika produksi berlangsung, mengemas tayangan menjadi menarik dengan melakukan pengadeganan ringan dan diselingi humor. Kata Kunci: tv lokal, programming, strategi kreatifen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecttv lokal, programming, strategi kreatifen_US
dc.titleStrategi Kreatif Program Feature Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program “Nruthus” di Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV Surabaya)en_US
dc.Identifier.NIM07331059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record