Analisis Sikap Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pelayanan Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pelayanan di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga”. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan sikap konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga serta menetapkan ada atau tidaknya perbedaan sikap konsumen dalam menggunakan jasa pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga berdasarkan karakteristik konsumen.
Variabel penelitian adalah karakteristik konsumen yaitu berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan dan asal daerah. Atribut jasa terdiri dari lima dimensi jasa yaitu yang terdiri dari reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible.
Data diperoleh dengan dengan cara menyebarkan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner model tertutup, sehingga responden dapat memiliki jawaban yang dianggap benar atau disetujui atau diyakini dengan menggunakan sekala likert. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden.
Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Fishbein dapat diketahui bahwa sikap konsumen terhadap atribut jasa yang ditawarkan di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga adalah positif dengan nilai rata-rata total sikap 11,6 dimana sikap yang paling tinggi yaitu pada dimensi emphaty dengan nilai sebesar 11,9. Sedangkan analisis Kruskal-Wallis dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan sikap konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan dan asal daerah.
Collections
- Management [4550]