Peran Elemen-Elemen Inti Organisasi Dalam Melakukan Transformasi Digital Di Ukm Fesyen (Studi Kasus Ukm Fesyen Yogyakarta Dan Klaten)
Abstract
Kecepatan perkembangan informasi dan teknologi dalam revolusi industri
4.0 saat ini bagaimanapun tidak bisa dibendung lagi. Hal ini berpengaruh terhadap
perubahan pola perilaku konsumen dan gaya hidup mereka khususnya dalam
berbelanja. Sehingga perusahaan dituntut secara radikal untuk mengubah bisnis
model mereka dalam menciptakan dan menyesuaikan nilai. Banyak perusahaan
telah mengadopsi strategi transformasi digital untuk mengubah cara mereka
menciptakan dan menyesuaikan nilai. Akibatnya perusahaan perlu memeriksa
kembali dan merevisi ulang bisnis model mereka untuk mempertahankan
keunggulan kompetitif perusahaan. Persyaratan utama bagi perusahaan yang
mengadopsi transformasi digital adalah merenovasi bisnis model perusahaan agar
tetap konsisten antara perumusan strategi dan implementasi strategi yang
diterapkan. Oleh karena itu, perumusan strategi digital harus mengidentifikasi
elemen-elemen bisnis model perusahaan yang harus dimodifikasi sesuai dengan
strategi baru, beserta ruang lingkup transformasi digital tersebut. Penelitian ini
meneliti tentang bagaimana peran elemen-elemen inti organisasi dalam
melakukan transformasi di UKM fesyen yang ada di Yogyakarta dan Klaten.
Tujuannya untuk menganalisis elemen-elemen inti organisasi yang digunakan
dalam menjalankan transformasi digital agar tetap dapat memepertahankan
keunggulan kompetitif perusahaan, menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus, dengan desain penelitian single multiple-case design
menggunakan Usaha Kecil Menengah bidang Fesyen seperti tas kulit, batik,
jersey olahraga, dan baju Muslim khas butik sebagai objek penelitian. Teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara (secara mendalam, terstruktur dan
terbuka), observasi dan lain sebagainya. Dan analisis data yang digunakan yaitu
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran elemen-elemen
inti organisasi sangat berpengaruh dalam melakukan transformasi digital di 4
Usaha Kecil Menengah yang ada di Yogyakarta dan Klaten. Elemen-elemen inti
organisasi disini dapat membantu perusahaan untuk bersaing di industry 4.0.
Collections
- Master of Management [408]