Show simple item record

dc.contributor.advisorAnjar Priyanto, S.E., M.Si., Ph.D.
dc.contributor.authorMUHAMMAD ADIB Z
dc.date.accessioned2022-02-25T04:56:25Z
dc.date.available2022-02-25T04:56:25Z
dc.date.issued2021-09-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36349
dc.description.abstractKecepatan perkembangan informasi dan teknologi dalam revolusi industri 4.0 saat ini bagaimanapun tidak bisa dibendung lagi. Hal ini berpengaruh terhadap perubahan pola perilaku konsumen dan gaya hidup mereka khususnya dalam berbelanja. Sehingga perusahaan dituntut secara radikal untuk mengubah bisnis model mereka dalam menciptakan dan menyesuaikan nilai. Banyak perusahaan telah mengadopsi strategi transformasi digital untuk mengubah cara mereka menciptakan dan menyesuaikan nilai. Akibatnya perusahaan perlu memeriksa kembali dan merevisi ulang bisnis model mereka untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan. Persyaratan utama bagi perusahaan yang mengadopsi transformasi digital adalah merenovasi bisnis model perusahaan agar tetap konsisten antara perumusan strategi dan implementasi strategi yang diterapkan. Oleh karena itu, perumusan strategi digital harus mengidentifikasi elemen-elemen bisnis model perusahaan yang harus dimodifikasi sesuai dengan strategi baru, beserta ruang lingkup transformasi digital tersebut. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana peran elemen-elemen inti organisasi dalam melakukan transformasi di UKM fesyen yang ada di Yogyakarta dan Klaten. Tujuannya untuk menganalisis elemen-elemen inti organisasi yang digunakan dalam menjalankan transformasi digital agar tetap dapat memepertahankan keunggulan kompetitif perusahaan, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan desain penelitian single multiple-case design menggunakan Usaha Kecil Menengah bidang Fesyen seperti tas kulit, batik, jersey olahraga, dan baju Muslim khas butik sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara (secara mendalam, terstruktur dan terbuka), observasi dan lain sebagainya. Dan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran elemen-elemen inti organisasi sangat berpengaruh dalam melakukan transformasi digital di 4 Usaha Kecil Menengah yang ada di Yogyakarta dan Klaten. Elemen-elemen inti organisasi disini dapat membantu perusahaan untuk bersaing di industry 4.0.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTransformasi Digitalen_US
dc.subjectElemen-elemen Inti Organisasien_US
dc.subjectImplementasi Transformasi Digitalen_US
dc.titlePeran Elemen-Elemen Inti Organisasi Dalam Melakukan Transformasi Digital Di Ukm Fesyen (Studi Kasus Ukm Fesyen Yogyakarta Dan Klaten)en_US
dc.Identifier.NIM18911051


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record