Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Makanan Korea Non-Sertifikasi Halal Mui: Studi Pada Restoran Korea Non-Sertifikasi Halal Mui Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang
mendorong persepsi konsumen muslim terhadap restoran Korea non sertifikasi
halal MUI. Sampel dalam responden ini dipilih menggunakan teknik convient
sampling dengan kriteria konsumen yang beraga islam. Jumlah responden yang
valid adalah 200. Seluruh data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Variabel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah risiko halal, reputasi halal, kepercayaan,
dan niat berprilaku. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
Kepercayaan berpengaruh positif terhadap niat mengunjungi restoran Korea non
sertifikasi halal MUI, Reputasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap niat
mengunjungi restoran Korea non sertifikasi halal MUI, Reputasi halal tidak
berpengaruh signifikan terhadap risiko halal pada restoran Korea non sertikasi halal
MUI, Risiko halal berpengaruh negatif terhadap kepercayaan pada restoran Korea
non sertifikasi halal MUI, Risiko halal berpengaruh negatif terhadap niat
mengunjungi restoran Korea non sertifikasi halal MUI. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat membantu pihak restoran Korea non sertifikasi halal MUI untuk
lebih memperhatikan lagi dalam hal sensitifitas ke-halal-an serta memiliki sertifikat
halal MUI, sehingga konsumen muslim bisa memiliki minat terhadap restoran
Korea.
Collections
- Management [4527]