Analisis Kebutuhan Pelatihan (Studi Kasus Pada Garda Depan Perusahaan Pt. Aseli Dagadu Djokdja)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang bahwa PT. Aseli Dagadu Djokdja sebagai salah
satu perusahaan di bidang industri kreatif perlu melakukan rekruitmen karyawan
“garda depan”. Salah satu tahapan dalam proses rekruitmen adalah pelatihan atau
training. Akan tetapi PT. Aseli Dagadu Djokdja belum memiliki strategi yang tepat
dalam pelaksanaannya. Hal ini karena garda depan yang direkrut adalah mahasiswa.
Sehingga strategi pelatihan yang tepat perlu disesuaikan dengan tujuan perusahaan
yang hendak dicapai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain
penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di PT. Aseli Dagadu Djokdja dengan
lima narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi, display dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pelatihan dengan menentukan
tujuan pelatihan, memilih bahan pertimbangan dan menentukan pihak-pihak yang
terlibat. Strategi pelatihan bagi garda depan dengan mempertimbangkan hal-hal
seperti: pemahaman gerai, komunikasi skill, produk knowledge, dan good looking. (2)
Proses pelatihan yang dilaksanakan untuk para calon garda depan PT. Aseli Dagadu
Djokdja dilaksanakan melalui tiga tahapan bentuk pelatihan, yaitu: training, magang,
dan pasca training. (3) Hasil dari pelaksanaan pelataihan oleh PT. Aseli Dagadu
Djokdja dengan strategi pelatihan yang tepat adalah para garda depan yang disiplin,
fokus, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan baik dan cepat.
Collections
- Management [4552]