Analisis Kualitas Layanan Perusahaan Jasa Transportasi Online “Go-Jek” Dengan Pendekatan Servqual
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud agar mengetahui kualitas layanan
yang diberikan oleh Go-Jek kepada konsumen. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode Servqual, dimana instrument ini sering dipakai untuk mengukur
kualitas layanan. Metode ini menggunakan empat dimensi yaitu tangibles,
reliability, assurance, emphaty. Kualitas layanan dilihat dari gaps atau kesenjangan
antara kinerja dengan harapan. Pengumpulan data akan dilakukan dengan kuesioner
dengan 20 butir pertanyaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil yang
negatif. Nilai gaps terbaik ditunjukkan oleh -0.04 dan paling buruk berada di -1.28.
Oleh sebab itu, dikarenakan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan dan dimensi
menghasilkan nilai negatif. Hal ini menunjukkan, ketidakpuasan konsumen atas
kinerja yang diberikan oleh Go-Jek. Dikaitkan dengan uji perbedaan bahwa ada
perbedaan yang signifikan dari kinerja dan harapan.
Collections
- Management [4527]