Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI tahun 2008 sampai dengan tahun 2010)
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini CSR bertujuan untuk memaksimalkan laba tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh CSR terhadap profitabilitas.
Sampel penelitian ini menggunakan 23 perusahaan perbankan yang listing di BEI periode tahun 2008-2010. Data yang digunakan adalah laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan tiap tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama periode 2008-2010 untuk Implementasi CSR berupa biaya bina lingkungan dan biaya kemitraan berpengaruh dan signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikan sebesar 0.000. Untuk hasil penelitian, secara simultan CSR berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap profitabilitas. Untuk penelitian yang akan datang dapat menambah variabel independen atau menambah proksi profitabilitas.
Key word: Corporate Social Responsibility, profitabilitas, return on asset
Collections
- Management [4527]