Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Albari, M.Si.
dc.contributor.authorM. Rifqi Deaz Mahendra
dc.date.accessioned2022-01-05T08:24:28Z
dc.date.available2022-01-05T08:24:28Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle123456789/35649
dc.description.abstractDi era globalisasi saat ini, iklan menjadi salah satu strategi yang paling efektif untuk memberikan informasi tentang manfaat, tempat pembelian, harga, kualitas dan keunggulan produk. Dengan semakin kuatnya sumber informasi iklan pada suatu produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk tersebut dimata konsumen sehingga konsumen memiliki keinginan untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya membawa konsumen untuk melakukan pernbelian. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad dan attitude toward the brand terhadap purchase intention Clear Shampoo di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad dan attitude toward the brand terhadap purchase intention (minat beli) konsumen Clear Shampoo di Kota Yogyakarta, serta untuk mencari variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen Clear Shampoo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Populasinya adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta yang memiliki kriteria tertentu, yaitu konsumen potensial yang pernah melihat iklan Clear Shampoo. Pengambilan sampel yang akan diteliti sebanyak 96 orang responden dengan pemilihan anggota sampel yang mudah dijumpai di Kota Yogyakarta. Metode analisis data dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana variable diukur dengan skala Likert. Pengolahan data menggunakan prangkat lunak SPSS 17 dengan analisa deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad dan attitude toward the brand berpengaruh signifikan terhadap purchase intention konsumen Clear Shampoo, selanjutnya secara parsial endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad maupun attitude toward the brand masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen Clear Shampoo di Kota Yogyakarta. Corporate credibility mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap purchase intention konsumen Clear Shampoo di Kota Yogyakarta. Pada koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang diteliti rnampu menjelaskan 76,9% terhadap minat beli konsumen, sementara sisanya sebesar 23,1% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya diluar penelitian ini. Kata kunci : endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad, attitude toward the brand, Purchase Intention.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectendorser credibilityen_US
dc.subjectcorporate credibilityen_US
dc.subjectattitude toward the aden_US
dc.subjectattitude toward the branden_US
dc.subjectPurchase Intentionen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Dan Kredibilitas Selebriti Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Iklan Clear Shampoo Di Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM08311177


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record