Analisis Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Dan Kredibilitas Selebriti Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Iklan Clear Shampoo Di Kota Yogyakarta
Abstract
Di era globalisasi saat ini, iklan menjadi salah satu strategi yang paling efektif
untuk memberikan informasi tentang manfaat, tempat pembelian, harga, kualitas dan
keunggulan produk. Dengan semakin kuatnya sumber informasi iklan pada suatu
produk, maka semakin kuat pula daya tarik produk tersebut dimata konsumen sehingga
konsumen memiliki keinginan untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya
membawa konsumen untuk melakukan pernbelian.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh endorser credibility,
corporate credibility, attitude toward the ad dan attitude toward the brand terhadap
purchase intention Clear Shampoo di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan pengaruh endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad
dan attitude toward the brand terhadap purchase intention (minat beli) konsumen Clear
Shampoo di Kota Yogyakarta, serta untuk mencari variabel bebas yang paling dominan
mempengaruhi kepuasan konsumen Clear Shampoo.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber
dari kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta.
Populasinya adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Kota Yogyakarta yang
memiliki kriteria tertentu, yaitu konsumen potensial yang pernah melihat iklan Clear
Shampoo. Pengambilan sampel yang akan diteliti sebanyak 96 orang responden dengan
pemilihan anggota sampel yang mudah dijumpai di Kota Yogyakarta. Metode analisis
data dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dimana variable diukur dengan skala
Likert.
Pengolahan data menggunakan prangkat lunak SPSS 17 dengan analisa
deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisa regresi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara serempak endorser credibility, corporate credibility,
attitude toward the ad dan attitude toward the brand berpengaruh signifikan terhadap
purchase intention konsumen Clear Shampoo, selanjutnya secara parsial endorser
credibility, corporate credibility, attitude toward the ad maupun attitude toward the
brand masing-masing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase
intention konsumen Clear Shampoo di Kota Yogyakarta. Corporate credibility
mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap purchase intention konsumen
Clear Shampoo di Kota Yogyakarta. Pada koefisien deterrninasi (R2) menunjukkan
bahwa variabel-variabel bebas yang diteliti rnampu menjelaskan 76,9% terhadap minat
beli konsumen, sementara sisanya sebesar 23,1% dijelaskan oleh variabel-variabel
bebas lainnya diluar penelitian ini.
Kata kunci : endorser credibility, corporate credibility, attitude toward the ad, attitude
toward the brand, Purchase Intention.
Collections
- Management [4548]