Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Shampo terhadap Minat Beli Konsumen
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul “Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Shampo terhadap Minat Beli Konsumen”. Secara garis besar membahas mengenai pengaruh penerimaan image slebriti Endorser yaitu keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness) terhadap minat beli produk shampoo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuisioner. Variable penelitiannya meliputi keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), sikap terhadap iklan dan minat beli konsumen.
Sebuah model telah dikembangkan dan empat hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah penelitian. Teknik pengambilan sampel berjumlah 150 orang responden. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 16.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke empat hipotesa yang dibangun pada penelitian ini, ke-empatnya terbukti memiliki pengaruh antar variable dalam pengujian hipotesa penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa secara umum selebriti yang digunakan dalam iklan shampo tersebut kredibel dalam meningkatkan perasaan suka responden terhadap iklan yang ditayangkan, yang pada akhirnya berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.
Kata kunci : kredibilitas selebriti, attractiveness, trustworthiness, expertise
Collections
- Management [4548]