Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui seberapa pentingkah tingkat kepentingan atas atribut-atribut pelayanan jasa kesehatan di Rumah Sakit Islam Klaten. (2) Untuk mengetahui seberapa baikkah tingkat pelaksanaan atau pelayanan jasa kesehatan dirumah sakit menurut konsumen. (3) Untuk mengetahui apakah konsumen sudah merasa puas dengan pelayanan jasa kesehatan secara keseluruhan di Rumah Sakit Islam Klaten. Dengan Hipotesa: Konsumen merasa puas dengan pelayanan jasa kesehatan rawat inap di Rumah Sakit Islam Klaten. Metode penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan cara membagikan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah diagram kartesius dan analisis tingkat kesesuian. Hasil dari penelitian ini: (1) Berdasarkan analisis kinerja menunjukan atribut-atribut pelayanan jasa kesehatan rawat inap di Rumah Sakit Islam Klaten dalam kategori baik. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata persepsi sebesar 3,70 yang berada pada interval 3,41 – 4,20. (2) Berdasarkan pada analisis kepentingan di Rumah Sakit Islam Klaten memeiliki tingkat kepentingan yang tinggi. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata harapan sebesar 4,02 yaitu berada pada point 3,41-4,20. (3) Hasil ini menunjukan bahwa konsumen telah merasa puas atas kinerja rumah sakit. Oleh karena itu pihak rumah sakit terus meningkatkan kinerja pelayanannya kepada konsumen agar terjadi kesesuian antara harapan dengan kinerja dari Rumah Sakit Islam Klaten.
Collections
- Management [4660]