Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser (Igor Saykoji) Terhadap Minat Beli Kartu IM3 (Studi Pada Mahasiswa dan Mahasiswi di Condong Catur)
Abstract
Aktivitas browsing internet merupakan kegiatan yang paling digemari oleh anak muda, dimana pun dan kapan pun itu. Maka dari itu produsen menciptakan produk IM3 sesuai dengan aktivitas target pasarnya. Periklanan menggunakan selebriti merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh Indosat untuk menghadapi persaingan dengan Telkomsel dan kartu seluler lainnya. Salah satu selebriti yang digunakan adalah Igor, yang merupakan salah satu personil grup vocal Saykoji. Igor Saykoji dipilih sebagai celebrity endorser karena Igor dianggap sangat memahami kebutuhan anak muda.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Igor saykoji (Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity) dan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk Kartu IM3 oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden. Untuk menjawab tujuan penelitian, dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sehingga hasil penelitian menyebutkan bahwa secara simultan celebrity endorser Igor Saykoji berpengruh signifikan terhadap Minat membeli Kartu IM3 sebesar 40,5 % dan sisanya sebesar 59,5 % dari variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial variabel celebrity endorser attractiveness (X3) dan similarity (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli Kartu IM3 karena nilai probabilitasnya masing-masing lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,022 dan 0,002. Dan variabel yang paling dominan adalah similarity dengan nilai koefisien beta 0,320.
Kata kunci : Selebriti endorser, minat beli
Collections
- Management [4545]