Analisis Minat Beli Konsumen Produk Makanan Dan Minuman Halal Dalam Kaleng Kota Yogyakarta Ditinjau Dari Pengaruh Sikap Dan Norma Subyektif
Abstract
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Minat Beli Konsumen Produk Makanan dan Minuman Halal Dalam Kaleng Kota Yogyakarta Ditinjau dari Sikap dan Norma Subyektif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sikap, norma subyektif, dan keyakinan pengendalian terhadap minat beli.
Penelitian ini menggunakan model Theory Planned of Behavior dari Icek Ajzen di mana minat untuk berperilaku dalam hal ini minat beli dipengaruhi oleh sikap (attitude), norma subyektif (subjective norms), dan pengendalian perilaku (control behavior). Variabel sikap dapat diukur dari keyakinan dan evaluasi, sedangkan norma subyektif dapat diukur dari besarnya nilai keyakinan normatif dan motivasi. Dan pengendalian perilaku dapat diukur berdasarkan keyakinan pengendalian. Sehingga variabel ketiga yang digunakan adalah keyakinan pengendalian.
Metode pengujian statistik dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian yang dilakukan antara lain uji F, uji t, uji asumsi klasik (heteroskedastisitas, normalitas, autokorelasi, dan multilolinieritas). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel sikap dan keyakinan pengendalian terhadap minat beli pada produk makanan dan minuman halal yang dikemas dalam kaleng. Sedangkan variabel norma subyektif tidak berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli produk makanan dan minuman halal yang dikemas dalam kaleng.
Pengaruh total variabel independent terhadap variabel dependent yaitu pengaruh variabel sikap, norma subyektif, dan keyakinan pengendalian terhadap minat beli adalah sebesar 0,279 atau 27,9%.
Kata kunci : sikap, norma subyektif, pengendalian perilaku, keyakinan pengendalian, minat beli, Theory Planned of Behavior.
Collections
- Management [4545]