Analisis Pengawasan Kualitas Pada Perusahaan T.B. Mitra Serayu Temanggung
Abstract
Pengawasan Kualitas merupakan suatu aktivitas untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk perusahaan dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncanakan. Pengawasan Kualitas ini dilakukan sebagai upaya menaikan citra perusahaan dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Perusahaan harus menggunakan syarat ketentuan produk berdasarkan SNI 03-2095-1998, Genteng Keramik. Hal ini disebabkan karena masyarakat mulai sadar akan nilai mata uang yang dibelanjakannya. Sehingga akan selalu menuntut dan mengharapkan adanya barang dan jasa yang bernilai setimpal dengan uang yang dikeluarkan.
Penelitian yang dilakukan terhadap perusahaan genteng “T.B. Mitra Serayu” ini mengambil populasi produk Genteng Mantili Biasa, dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan proses produksi seperti: bahan dan alat yang dipergunakan, jumlah produk yang dihasilkan, standart kualitas produk genteng yang dihasilkan sesuai dengan syarat ketentuan yang berlaku yaitu berpedoman pada SNI 03-2095-1998, Genteng Keramik dan jumlah produk rusak dalam setiap produksi. Sedangkan metode yang digunakan dalam menganalisis produk-produk tersebut adalah metode control chart dan diagram ishikawa. Dari metode control chart tersebut dapat diketahui berbagai macam kerusakan yang dilihat dari ukuran dan proporsi kerusakan yang dialami pada saat proses produksi. Sedangkan diagram ishikawa digunakan untuk mengetahui sebab akibat terjadinya kerusakan pada saat proses produksi
Collections
- Management [4567]