Pengaruh Reputasi, Kepuasan Relasional Dan Identifikasi Konsumen-Perusahaan Terhadap Komunikasi Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Kereta Prameks Jurusan Yogyakarta-Solo)
Abstract
Word of mouth bisa menjadi salah satu strategi promosi yang handal bagi perusahaan.
Word of mouth dapat dijadikan sebagai cara guna meningkatkan suatu image yang baik dalam
diri konsumen. Komunikasi dari mulut ke mulut (word of mouth) akan menyebabkan efek ganda
dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya ataupun dari satu situasi ke situasi lainnya. Reputasi
perusahaan dan kepuasan konsumen dapat menciptakan Word of mouth (WOM) yang positif bagi
perusahaan.Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh reputasi, kepuasan relasional,
dan identifikasi konsumen-perusahaan terhadap komunikasi Word of Mouth (WOM). Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1)Apakah terdapat hubungan identifikasi
konsumen-perusahaan (Customer-Company Identification) dengan komunikasi word of mouth
pada konsumen kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta?; 2) Apakah terdapat hubungan
reputasi dengan komunikasi word of mouth pada konsumen kereta api Prameks jurusan Solo-
Yogyakarta?; 3) Apakah terdapat hubungan tidak langsung reputasi dengan word of mouth
melalui identifikasi konsumen-perusahaan pada kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta?;
4) Apakah terdapat hubungan kepuasan relasional dengan komunikasi word of mouth pada
konsumen kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta?; 5) Apakah terdapat hubungan tidak
langsung kepuasan relasional dengan word of mouth melalui identifikasi konsumen-perusahaan
pada kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta?
Variabel dalam penelitian ini ada empat variabel yaitu word of mouth, reputasi, kepuasan
relasional, dan identifikasi konsumen-perusahaan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen atau pengguna kereta api Prameks jurusan Yogyakarta-Solo yang ada di Stasiun
Lempuyangan Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil adalah 96 orang responden dengan
metode aksidental sampling. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif
dengan Pemodelan Persamaan Struktural (Structural Equation Modelling)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh identifikasi konsumenperusahaan
terhadap komunikasi word of mouth pada konsumen kereta api Prameks jurusan
Solo-Yogyakarta. Tidak terdapat pengaruh reputasi terhadap komunikasi word of mouth pada
konsumen kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta. Terdapat pengaruh secara tidak
langsung reputasi terhadap word of mouth melalui identifikasi konsumen-perusahaan pada kereta
api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta. Terdapat pengaruhkepuasan relasional terhadap
komunikasi word of mouth pada konsumen kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta.
Terdapat pengaruh secara tidak langsung kepuasan relasional terhadap word of mouth melalui
identifikasi konsumen-perusahaan pada kereta api Prameks jurusan Solo-Yogyakarta.
Collections
- Management [4534]