Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalammembeli Busana Muslim Di Toko Al – Fath Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini memliki 2 tujuan yaitu untuk mengidentifikasi atribut-atribut
produk yang meliputi Kualitas (X1), Merek (X2), Model (X3), dan Harga (X4) yang
mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli (Y) busana muslim, dan untuk
mengetahui dari 4 atribut produk mana yang paling dominan dalam mempengaruhi
keputusan konsumen dalam membeli busana muslim . Dalam memperoleh data,
penelitian ini mengambil data dengan menggunakan kuesioner sebanyak 96 responden
di Yogyakarta yang pernah membeli busana di toko Al-Fath Yogyakarta. Analisis
statistik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Analisis Deskriptif, analisis
regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisien korelasi
parsial, dan analisis koefisien determinasi berganda.
Hasil dari penelitian ini melihatkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan dari variabel atribut produk yang terdiri dari Kualitas (X1), Merek (X2),
Model (X3), dan Harga (X4) secara bersama-sama mempengaruhi keputusan
pembelian (Y) pada busana muslim di toko Al-Fath Yogyakarta. Signifikansi tersebut
dapat dilihat dari besarnya Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel. Sedangkan hasil
dari Analisis Koefisien determinasi parsial menunjukkan bahwa variabel atribut produk
yaitu kualitas (X1) memiliki nilai yang paling dominant dalam mempengaruhi
Keputusan pembelian (Y) pada busana muslim di toko Al-Fath Yogyakarta.
Kata Kunci : Atribut, Keputusan pembelian, Dominant, Busana
Collections
- Management [4565]