Analisis Sikap Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motormerek Honda Vario Di Kota Yogyakarta
Abstract
Latar belakang dalam penyusunan skripsi ini adalah adanya perkembangan
dunia usaha yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi pada
saat ini mengakibatkan munculnya produk-produk baru dari berbagai perusahaan.
Salah satunya adalah Honda yang mengeluarkan produk sepeda motor Honda Vario .
Pada skripsi ini, penulis meneliti tentang sikap konsumen dalam membeli
produk sepeda motor Honda Vario serta menganalisis ada atau tidaknya perbedaan
sikap konsumen berdasarkan karakteristiknya yaitu gender, usia dan tingkat
penghasilan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden
yaitu para pengguna sepeda Motor Honda Vario di Kota Yogyakarta dengan
menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden.
Untuk menganalisis sikap konsumen tersebut digunakan model analisis sikap
Fishbein dan uji beda nonparametrik Kruskal Wallis. Dalam analisis sikap Fishbein,
pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan variabel keyakinan (bi) dan
evaluasi (ei) atas atribut-atribut produk yang digunakan. Variabel-variabel tersebut
kemudian dikalikan untuk memperoleh indeks sikap konsumen yang diukur
menggunakan skala Likert 4 ruas. Kemudian untuk analisis Kruskal Wallis,
keputusan dalam menerima atau menolak Ho dilakukan dengan membandingkan
probabilitas dengan batas tingkat signifikansi (_ = 0,05). Jika probabilitas kesalahan
lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan jika probabilitas kurang dari 0,05 maka
Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan sikap konsumen berdasarkan karakteristik
responden
Berdasarkan analisis Fishbein yang dilakukan, diketahui bahwa konsumen
mempunyai sikap yang cukup positif terhadap atribut dari produk sepeda motor
Honda Vario. Sedangkan dari hasil analisis Kruskal Wallis dinyatakan ada perbedaan
sikap konsumen terhadap atribut dari sepeda motor Honda Vario berdasarkan
karakteristik konsumen.
Kata kunci : Sikap, Honda Vario
Collections
- Management [4545]