Analisis Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Dedy Mizwar Pada Iklan Sozis Terhadap Minat Beli Sozis Japfa (Studi pada mahasiswa Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan
celebrity endorser yang terdiri Kredibilitas, Keahlian, Kepercayaan, dan Daya
Tarik celebrity endorser terhadap minat beli Sozzis Japfa oleh konsumen , dan
mengetahui variabel yang paling besar sumbangannya pengaruh terhadap
celebrity endorser yang terdiri dari Kredibilitas, Keahl ian, Kepercayaan, dan
Daya Tarik celebrity endorser terhadap minat beli produk Sozzis Japfa oleh
konsumen.
Dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memakai tehnik convenience
sampling dengan responden sebanyak 100 responden yang menyaksikan tayangan
iklan Sozis Japfa di televisi. Alat analisis yang dipakai menggunakan regresi linier
berganda. Regresi linear berganda dimaksudkan untuk mengukur pengaruh variabel
celebrity endorser Deddy Mizwar terhadap minat beli konsumen.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur -unsur iklan yang meliputi variabel
Kredibilitas, Keahlian, dan Daya Tarik Deddy Mizwar secara bersama -sama mampu
mempengaruhi minat beli Sozis Japfa oleh konsumen. Hal ini ditunjukkan hasil dari
dengan nilai probabilitas Fhitung sebesar 0,000, karena signifikansi F hitung <
0,05. Variabel kredibilitas (X1) terdapat nilai probabilitas sebesar 0,00 0,yang
berada di bawah 0,05 atau 0,00 0 < 0,05. Nilai tersebut dapat membuktikan
bahwa variabel kredibilitas berpengaruh positif dan nyata terhadap minat
membeli. Pada variabel keahlian (X2) terdapat nilai probabilitas sebesar
0,024,yang berada di bawah 0,05 atau 0,024 < 0,05. Nilai tersebut dapat
membuktikan bahwa variabel keahlian berpengaruh secara nyata terhadap minat.
Pada variabel kepercayaan (X3) terdapat nilai probabilitas sebesar 0,0 39,yang
berada di bawah 0,05 atau 0,0 39 < 0,05. Nilai tersebut dapat membuktikan
bahwa variabel kepercayaan berpengaruh secara nyata terhadap minat membeli.
Pada variabel daya tarik (X4) terdapat nilai probabilitas sebesar 0,000,yang
berada di bawah 0,05 atau 0,0 00 < 0,05. Nilai tersebut dapat membuktikan
bahwa variabel daya tarik berpengaruh secara nyata terhadap minat membeli.
Kata kunci: Selebriti endorser, minat beli
Collections
- Management [4545]