Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2010
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan
Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2010”. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Karakteristik perusahaan tersebut
ditunjukan oleh kepemilikan manajemen, leverage, size (ukuran perusahaan) dan
profitabilitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang
terdafttar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik penentuan sampel dalam penelitian
ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria adalah
sebanyak 48 sampel perusahaan manufaktur selama periode 2009-2010. Model
analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji
normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi) serta Uji
R2(koofisien determinasi) dan uji t (regresi parsial).
Hasil uji diperoleh dari perhitungan dengan bantuan program SPSS versi 17.0.
Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yaitu data berdistribusi normal serta tidak terjadi
heteroskedastisitas, multikolinearitas, ataupun autokorelasi. Berdasarkan hasil
analisis regresi berganda, maka diperoleh persamaan: CSR = 0.632 – 0.0010 MAN –
0.002 LEV + 0.073 SIZE + 0.001 ROE + e, sedangkan berdasarkan Uji R2 (koofisien
determinasi) diperoleh nilai Adjusted R-Square sebesar 23.8% dan berdasarkan Uji t
(regresi parsial) diperoleh hasil bahwa variabel Kepemilikan manajemen dan
profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung
jawab sosial perusahaan sedangkan variabel leverage dan size (ukuran perusahaan)
secara signifikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial
perusahaan.
Kata kunci : Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan
manajemen, leverage, size (ukuran perusahaan) dan profitabilitas
Collections
- Akuntansi [4660]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Perusahaan di Website Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2011-2013)
Viviyanchi (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)This study aims to analyze the relationship of web disclosure with manufactured company characteristic namely, profitability, public ownership, firm’s size, and manager ownership. The research object is the entire ... -
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks LQ 45 Indonesia Tahun 2012-2016)
Maulidya Nayahita, 14312124 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-18)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap corporate social responsibility yang terdaftar ... -
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada Periode 2013 – 2017)
Audy Rifchita Putri, 14312401 (Universitas Islam Indonesia, 2019-01-18)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini ...