Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Erna Hidayah M.Si. Ak.
dc.contributor.authorWindi Pamungkas
dc.date.accessioned2021-12-28T01:58:57Z
dc.date.available2021-12-28T01:58:57Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35435
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2010”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Karakteristik perusahaan tersebut ditunjukan oleh kepemilikan manajemen, leverage, size (ukuran perusahaan) dan profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdafttar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 48 sampel perusahaan manufaktur selama periode 2009-2010. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi) serta Uji R2(koofisien determinasi) dan uji t (regresi parsial). Hasil uji diperoleh dari perhitungan dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yaitu data berdistribusi normal serta tidak terjadi heteroskedastisitas, multikolinearitas, ataupun autokorelasi. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, maka diperoleh persamaan: CSR = 0.632 – 0.0010 MAN – 0.002 LEV + 0.073 SIZE + 0.001 ROE + e, sedangkan berdasarkan Uji R2 (koofisien determinasi) diperoleh nilai Adjusted R-Square sebesar 23.8% dan berdasarkan Uji t (regresi parsial) diperoleh hasil bahwa variabel Kepemilikan manajemen dan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sedangkan variabel leverage dan size (ukuran perusahaan) secara signifikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata kunci : Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajemen, leverage, size (ukuran perusahaan) dan profitabilitasen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengungkapan tanggung jawab sosial perusahaanen_US
dc.subjectkepemilikan manajemenen_US
dc.subjectleverageen_US
dc.subjectsize (ukuran perusahaan) dan profitabilitasen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2010en_US
dc.Identifier.NIM07312345


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record