Pengaruh Promosi Melalui Instagram Oleh Mom’s Coffee And Kitchen Dalam Pembentukan Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Pada Konsumen
Abstract
Sejak tahun 2019, jumlah kedai kopi di Indonesia telah meningkat pesat disebabkan
oleh eksistensi tren bisnis kedai kopi di kalangan masyarakat. Salah satu kedai kopi yang
berdiri pada tahun itu adalah Mom’s Coffee and Kitchen. Dari awal berdiri, kedai kopi
lokal tersebut telah mampu bersaing dengan kedai kopi ternama yang juga berlokasi di
Kota Bontang. Hanya mengandalkan Instagram sebagai wadah promosi, Mom’s Coffee
and Kitchen mampu membentuk kesadaran merek dan keputusan pembelian yang tinggi di
kalangan masyarakat Bontang. Sehingga, penelitian ini dibuat untuk menelisik fenomena
tersebut, yakni mengetahui seberapa besar pengaruh promosi melalui Instagram oleh
Mom’s Coffee and Kitchen terhadap pembentukan kesadaran merek dan keputusan
pembelian konsumen.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, teori yang digunakan peneliti adalah 7C
framework, kesadaran merek, dan AISAS dengan jenis penelitian berbentuk eksplanasi
kuantitatif. Followers dari akun Instagram @Kopimoms menjadi populasinya. Dengan
populasi tersebut, terdapat 95 orang yang menjadi sampel dari perhitungan rumus Slovin.
Selain itu, teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah
Probability Sampling berupa Simple Random Sampling. Sedangkan metode analisis yang
digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana.
Dengan penganalisisan yang dilakukan, hasil menunjukkan hipotesis penelitian ini
diterima. Hasil Uji T menunjukkan bahwa promosi melalui Instagram berpengaruh
signifikan pada pembentukan kesadaran merek dan keputusan pembelian konsumen. Hasil
Uji Koefesien Determinasi R Square menunjukkan bahwa promosi melalui Instagram
berpengaruh sebesar 50.4% terhadap pembentukan kesadaran merek dan sebesar 55.3%
terhadap pembentukan keputusan pembelian konsumen. Sedangkan sisa persentase dari
keduanya merupakan faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Collections
- Communication [949]