Manajemen EVENT Lampung Krakatau Festival 2019 DALAM Mempromosikan Pariwisata Lampung
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai manajemen event pada Lampung Krakatau
Festival yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi
Lampung 2019. Serta bagaimana event Lampung Krakatau Festival menjadi
sebuah media komunikasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung
untuk mempromosikan serta mengenalkan pariwisata dan budaya kepada
wisatawan.
Penelitian ini menggunakan dasar teori manajemen event pariwisata. Metode yang
digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data
melalui observasi dan dilanjutkan wawancara di kantor di Dinas Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung disertai dokumentasi.
Penelitiain ini menghasilkan temuan bahwa manajemen event yang dilakukan
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung untuk mempromosikan
pariwisata Lampung melalui event Lampung Krakatau Festival yakni dengan
mengadakan musyawarah rutin dengan para pelaku industri pariwisata untuk
menetapkan tujuan yang berupa kerangka acuan kerja sehingga dapat menentukan
apa yang ingin dicapai serta mencari ide, penetapan kriteria. Selain itu, event
tersebut memiliki 4 unsur penyelenggaraan yakni design, planning, coordination,
evaluation. Aktivitas pemasaran event tersebut hampir semua media mainstream
seperti TV, Radio, Sosial Media.
Collections
- Communication [943]