Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Jasa Rumah Makan Boyong Kalegan Yogyakarta
Abstract
Kepuasan konsumen menjadi syarat mutlak bagi perusahaan. Kepuasan konsumen
merupakan dasar bagi terjadinya pembelian ulang, loyalitas pelanggan, serta referensi
bagi konsumen lain. Kepuasan konsumen merupakan tingkatan perasaan seseorang
setelah membandingkan kinerja/hasil yang dirasakan dengan harapannya.
Dalam penelitian ini kepuasan dipengaruhi oleh lima faktor/driver yaitu produk,
harga, kualitas pelayanan, faktor emosi, dan kemudahan. Penelitian ini akan melihat
seberapa besar faktor - faktor/driver ini mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Secara umum kami menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen
menunjukkan semakin tingginya tingkat kinerja yang dilakukan oleh perusahaan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa dari tingkat kepuasan konsumen terhadap driver
pemuas kebutuhan, konsumen telah merasa puas terhadap jasa yang diberikan, hal ini
dapat ditunjukkan dengan tingkat kesesuaian yang dicapai lebih dari 100%, meskipun
bila dilihat secara individu masih terdapat atribut yang berada pada kuadran prioritas
utama.
Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan dengan upaya - upaya seperti memberikan
harga yang lebih murah atau potongan harga kepada konsumen, sikap ramah dan
sopan karyawan kepada konsumen, kecepatan dan konsistensi pengantaran pesanan,
kerapian dan kesopanan penampilan karyawan, variasi menu, kesediaan memberikan
informasi akurat kepada konsumen, dan lain sebagainya.
Collections
- Management [4539]