Pengaruh Literasi Keuangan Dan Bias Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pada Investor Di Yogyakarta
Abstract
Saat ini, setiap masyarakat Indonesia pada umumnya telah menanamkan keinginan untuk memiliki kehidupan yang layak. Ketika orang berusia produktif atau sudah menikah, mereka ingin membeli aset atau produk lain sebagai simpanan di kemudian hari hingga mereka pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan Behavioral finance yang terdiri dari Overconfidence, Representativeness, Familiarity, dan Risk Perception terhadap keputusan investasi. Data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Responden penelitian ini berjumlah 156 orang yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, mereka yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan bekerja. Hasil dari penelitian menemukan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif, begitu pula dengan Overconfidence, Representativeness, Familiarity dan Risk Perception berpengaruh positif terhadap keputusan investasi di Yogyakarta.
Kata kunci : Literasi keuangan, Overconfidence, Representativeness, Familiarity ,Risk Perception, Keputuan investasi
Collections
- Management [4527]