Anteseden Penggunaan Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pada Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
Penggunaan Media Sosial di era digital memudahkan para pelaku bisnis khususnya UMKM untuk mendobrak pasar yang dinilai sedang berada di tahap pasar berkembang pada penelitian ini penulis mencari tahu hubungan antara Interaktivitas, Efektivitas Biaya, dan Kompatibilitas, terhadap Penggunaan Media Sosial dan dampak Manfaat Kinerja yang didapatkan langsung oleh UMKM. Penelitian ini diuji dengan menggunakan metode PLS – SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan 60 Sampel UMKM yang berada di kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif antara interaktivitas terhadap penggunaan media sosial, dan penggunaan media sosial terhadap manfaat kinerja. Sedangkan kompatibilitas dan efektivitas biaya mendapatkan hasil negatif atau tidak ada hubungan. Hasil pada penelitian ini dapat digunakan para pelaku UMKM untuk dijadikan acuan atau dapat diterapkan dalam membangun bisnis atau mengembangkan bisnis menggunakan media sosial agar mendapatkan dampak yang efektif dan para pelaku UMKM dapat menganalisis sendiri manfaat kinerja yang didapat. (abstrak 1 spasi, huruf 11,
Kata kunci : Interaktivitas, Efektivitas Biaya, Kompatibilitas, Penggunaan Media Sosial, Manfaat Kinerja, UMKM
Collections
- Management [4550]