Penggunaan Media Digital Oleh AIA Financial Melalui #Sharethelove Guna Mendukung Strategi Marketing
Abstract
#ShareTheLove adalah sebuah kampanye yang ditujukan kepada siapa pun yang
sedang bertanya-tanya dalam mencari kado terindah untuk orang tersayang. AIA memberikan
solusi agar kado tersebut lebih mampu bermanfaat dan berguna di masa sekarang dan masa
yang akan datang. Pentingnya proses manajemen kampanye yang kreatif serta inovatif yang
terdapat dalam kampanye #ShareTheLove ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan
penelitian bagaimana manajemen kampanye yang dilakukan. Peneliti ingin memperoleh
informasi serta pemahaman bagaimana proses manajemen kampanye yang dilakukan oleh PT.
AIA Financial dalam mensosialisasikan kampanye #ShareTheLove. Peneliti tertarik untuk
meneliti kampanye #ShareTheLove yang dilaksanakan oleh PT. AIA Financial sebagai bentuk
kepedulian dalam memberikan rasa sayang kepada orang lain dan juga mengedukasi
masyarakat untuk memikirkan perlindungan di masa yang akan datang.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan manajemen kampanye
#ShareTheLove dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor
penghambat (SWOT) yang terjadi selama pelaksanaan kampanye #ShareTheLove oleh AIA
Financial. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan studi pendekatan deskriptif
kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan teknik purposive sampling dengan melakukan
wawancara dengan melakukan wawancara kepada pihak AIA Financial, Nasabah AIA
Financial dan masyarakat yang bukan menjadi nasabah AIA Financial (Non Nasabah) serta
data sekunder berupa studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa #ShareTheLove termasuk ke dalam jenis product oriented campaigns karena kampanye ini berusaha memasarkan produk bukan berusaha untuk
memenangkan dukungan masyarakat dan jasa seorang kandidat, bukan juga kampanye yang
ditujukan untuk menyelesaikan masalah sosial. AIA Financial juga melakukan beberapa
tahapan dalam manajemen kampanye, yakni tahap perencanaan berupa ide agar pesan
kampanye tersebut dapat sampai, tahap pelaksanaan yang berupa tindakan kampanye yang
dimaksudkan untuk memberikan suatu efek, adanya jumlah audiens yang besar, dipusatkan
dalam waktu tertentu dan melalui rangkaian kegiatan tindakan komunikasi yang terorganisasi.
Kampanye ini juga termasuk model The Diffusion Of Innovation. Tahap terakhir adalah tahap
evaluasi, Evaluasi ini dilakukan agar perusahaan atau pelaksana kegiatan mampu mengukur
seberapa berhasil kampanye atau kegiatan yang sudah dilakukan. Faktor pendukung dalam
kampanye ini adalah penggunaan media digital, sedangkan faktor penghambat nya adalah
keterbatasan teknologi dari audiens.
Collections
- Communication [943]