dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja dengan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediator”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh positif dan signifikan dari Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja dan kepuasan kerja sebagai variabel mediator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode sensus sebagai metode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket dengan alat berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawanPT. Kereta Api Indonesia (Persero) Stasiun Besar Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan Daop VI Yogyakarta baik yang tetap maupun honorer. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah program SPSS 16.
Hasil analisis validitas dan realibilitas dengan program SPSS 16 menunjukkan hasil bahwa kuesioner layak digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja (koefisien = 0,275 dan probabilitas = 0,000), Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja (koefisien = 0,369 dan probabilitas = 0,000), lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepusan kerja (koefisien = 0,860 dan probabilitas = 0,000), lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja (koefisien = 0,924 dan probabilitas = 0,000), kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (koefisien = 0,379 dan probabilitas = 0,000) dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan (koefisien = 0,953 dan probabilitas = 0,000). motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan (koefisien = 0,933 dan probabilitas = 0,000), kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (koefisien = 0,874 dan probabilitas = 0,000).
Kata kunci : Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan. | en_US |