Analisis Home Selection Bias, Confirmation Bias Dan Herding : Studi Kasus Pada Investor Properti Di Yogyakarta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada confirmation bias, home selection bias dan herding pada investor properti di Yogyakarta. Confirmation bias adalah perilaku yang hanya hanya sudi mendengar informasi yang ia ingin dengar, dan tidak peduli dengan informasi apapun yang ia tidak ingin dengar. Home bias selection merupakan bias yang membuat individu untuk memiliki kecenderungan memilih pasar domestik, pasar yang dekat dengan dirinya dengan alasan yang sulit untuk dijelaskan secara rasional. Sedangkan herding adalah suatu tindakan meniru keputusan investasi orang lain tanpa pertimbangan yang berarti. Responden penelitian ini terdiri dari 96 investor properti di Yogyakarta. Data diolah menggunakan uji z proporsi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat home selection bias dan confirmation bias, tetapi tidak terdapat herding pada investor properti di Yogyakarta.
Kata kunci – Confirmation Bias, Home Selection Bias, Herding, Perilaku Keuangan
Collections
- Management [4548]