Analisis Nilai Yang Dirasakan Dan Biaya Transaksional Dalam Bisnis Online
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara perceived value, transaction cost dan repurchase intention dalam lingkungan belanja online. Perceived value seorang konsumen sangat mempengaruhi repurchase intention seorang konsumen. Pada penelitian ini tidak semua transaction cost memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived value dan repurchase intention. Penelitian ini menggunakan sampel,waktu dan tempat yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 212 responden. Penyebaran kuisioner dengan cara online melalui media social, dimana sampel merupakan orang yang melakukan transaksi online melalui website dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Information searching cost dan moral hazard terbukti berpengaruh signifikan negatif terhadap perceived value. Information searching cost dan specific asset invesment masing masing berpengaruh signifikan negatif dan signifikan positif terhadap repurchase intention.
Kata Kunci : perceived value, repurchase intention, transaction cost economic, moral hazard cost
Collections
- Management [4548]