Pengaruh Anteseden Pembelian Online Pada Loyalitas Agen Perjalanan Online Traveloka Yang Dimediasi Kepuasan
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, teknologi akan semakin berkembang dan
mengalami kemajuan. Online travel agensi merupakan salah satu bentuk dari
perkembangan teknologi pada industri bisnis dan perjalanan. Kemudahan akses
yang diberikan dalam melakukan perjalanan menjadikan online travel agensi
semakin mengalami perkembangan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa efektif pengaruh anteseden pembelian online pada loyalitas
agen perjalanna online dengan memeriksa hubungan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan alat analisis data menggunakan SEM (Structural
Equation Modelling) dengan bantuan software AMOS (Analisis of Moment
Structures) dan jumlah sampel sebanyak 250 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat efek mediasi dari e-customer satisfaction dalam
hubungan antara lima anteseden pembellian online (website image, online
routine, website knowledge, innovativeness, dan e-serive quality) terhadap kecustomer
loyalty. Artinya dengan meningkankan ke lima anteseden pembelian
online tersebut dapan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan yang dalam
jangka panjang akan berdampak terhadap loyalitas.
Collections
- Management [4546]