Analisis Strategi Promotional Mix Produk “AIA Life Secure” Pada Perusahaan Asuransi PT. AIA Financial
Abstract
Bella Claudia Aditta Adam. 12321039. Analisis Strategi Promotional Mix
Produk “AIA Life Secure”Pada Perusahaan Asuransi PT. AIA Financial.
Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi Ilmu
Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2016
Kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransi tergolong
rendah.Selain itu saat ini persaingan antara perusahaan asuransi semakin
meningkat. Karena kurang nya kesadaran masyarakat terhadap penggunaan jasa
asuransi dan banyaknya kompetitor maka dirasa penting untuk setiap perusahaan
asuransi melakukan strategi pemasaran komunikasi untuk mempromosikan
produk yang dijual. Peneliti memilih perusahaan asuransi PT. AIA Financial
sebagai objek penelitian karena ingin melihat bagaimana promotional mix yang
dilakukan oleh AIA pada produk baru mereka yaitu AIA Life Secure. PT. AIA
Financial juga mendapatkan penghargaan sebagai The Top 3 Best Financial
Performance for Life Insurance Company 2015, category of companies with asset
over Rp15 trillionpada Warta Ekonomi’s Indonesia Insurance Consumer Choice
Award 2015.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrated
marketing communication akan tetapi fokus penelitian ini mengenai promotional
mix. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini dengan cara
wawancara, observasi dan studi pustaka. Narasumber penelitian ini adalah
pelaksana marketing communication PT. AIA Financial yaitu head brand &
communication dan financial consultan. Penelitian dilakukan di kantor pusat AIA
Central Jakarta.
Setelah melakukan penelitian ditemukan hasil bahwa PT. AIA Financial
melakukan beberapa bauran marketing communication di antaranya melalui
periklanan yang mencakup iklan di media cetak dan media iklan luar ruang,
pemasaran interaktif yang mencakup internet dan social media marketing. Social
media yang dimiliki PT. AIA Financial mencakup Facebook, Instagram dan
Youtube. Disetiap sosial media yang AIA miliki sering mengadakan kompetisikompetisi
dan memberikan berbagai tips untuk followers nya. Selain itu juga AIA
memiliki media social influencer atau key opinion leadersdi social media. Bauran
komunikasi pemasaran lainnya adalah public relation dan publikasi, personal
selling yang dilakukan oleh agency, promosi penjualan, direct marketing, dan
penyelenggaraan event.
Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Promotional Mix, Jasa
Asuransi, PT. AIA Financial.
Collections
- Communication [943]