Pengaruh Kualitas Layanan Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Ftsp Uii Dengan Menggunakan Instrument HEdPERF
Abstract
Mahasiswa sebagai elemen terpenting pada instansi pendidikan perlu
didengarkan apakah pelayanan yang selama ini diberikan sudah sesuai dengan
harapannya. Evaluasi kualitas pelayanan itu perlu dilakukan untuk mengetahui
apa yang sebenarnya diharapkan, apa yang selama ini dipersepsikan oleh
mahasiswa atas kualitas pelayanan yang diterimanya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dengan menggunakan
metode HEdPERF terhadap variabel kepuasan serta loyalitas dari mahasiswa
FTSP Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini
adalah mahasiswa FTSP UII Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah 230 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel
dengan pertimbangan tertentu, yang dimana dalam penelitian ini pertimbangannya
adalah : mahasiswa aktif FTSP UII tahun angkatan 2012/2013 s/d 2015/2016.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen penelitian
berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS
(Analysist of Moment Structure).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh yang positif
dan signifikan dari aspek non-akademik terhadap kepuasan mahasiswa; 2) ada
pengaruh yang positif dan signifikan dari aspek akademik terhadap kepuasan
mahasiswa; 3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari aspek reputasi
terhadap kepuasan mahasiswa; 4) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari
aspek akses terhadap kepuasan mahasiswa; 5) ada pengaruh yang positif dan
signifikan dari aspek program pengajaran tehadap kepuasan mahasiswa; dan 6)
ada pengaruh yang positif dan signifikan dari aspek kepuasan terhadap loyalitas
mahasiswa.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas, HEdPERF
Collections
- Management [4581]