Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Reputasi Perusahaan Dan Ekuitas Merek Pada Perusahaan Alfamart Alfamidi Di Kabupaten Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya
pengaruh dari Corporate Social Responsibility (CSR)terhadap kepuasan
konsumen, reputasi perusahaan, dan ekuitas merek pada pelanggan Alfamart di
Yogyakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Alfamart
Yogyakarta khususnya untuk wilayah Kabupaten Sleman.Jumlah sampel
penelitian sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan metode accidental samplingyaitu pengambilan sampel
berdasarkan kebetulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer
dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis data penelitian meliputi
analisis deskriptif dan analisa inferensial dengan analisis SEM dengan program
AMOS.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1)ada pengaruh yang positif dan
signifikan dari variabel Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepuasan
konsumen; 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap reputasi perusahaan; 3) ada pengaruh yang
positif dan signifikan dari variabel Corporate Social Responsibility (CSR)
terhadap ekuitas merek; 4) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari
variabelkepuasan terhadap reputasi perusahaan; dan 5) ada pengaruh yang positif
dan signifikan dari variabelkepuasan konsumen terhadap ekuitas merek.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR),Kepuasan Konsumen,
Reputasi Perusahaan, Ekuitas Merek
Collections
- Management [4548]