Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Kecantikan Sunsilk Cro - Creations Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Di Yogyakarta
Abstract
Celebrity endorsement merupakan salah satu metode promosi yang paling popular di dunia, dengan menggunakan selebriti yang menarik, menyenangkan, dan dapat dipercaya oleh publik yang dituju sehingga produk yang dipromosikan menjadi diketahui dan dikenal. Penggunaaan celebrity endorser yang memiliki karakteristik akan dapat mempengaruhi sikap atau tanggapan konsumen yang positif terhadap produk tersebut, sehingga konsumen akan mempertimbangkannya dalam proses pembelian dan diharapkan secara langsung mempengaruhi perilaku melalui alam bawah sadar. Dengan demikian konsumen dipengaruhi tanpa ada paksaan.
Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk sampo sunsilk co - creations pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 100 responden penelitian dengan teknik pengambilan sampel berupa non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Variabel data yang digunakan untuk analisis adalah visibility, credibility, Attraction, power, dan keputusan pembelian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Data yang telah terkumpul dari responden diolah menggunakan program olah data SPSS.
Dari persamaan regresi berganda yang diperoleh bahwa visibility, credibility, attraction dan power berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian produk sampo sunsilk co-creations. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji f membuktikan bahwa variabel visibility, credibility, Attraction, dan power celebrity endorsement yang diteliti berpengaruh secara parsial dan serentak dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,761, maka dapat diartikan bahwa 76,1 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel visibility, credibility, Attraction, dan power celebrity endorsement. Sedangkan sisanya sebesar 23,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Kata kunci : celebrity endorser , visibility, credibility, Attraction, power, dan keputusan pembelian.
Collections
- Management [4576]