Motivasi Kewirausahaan Pengusaha Muda (Studi Kasus Berwirausaha pada Pengusaha Muda di Sleman)
Abstract
Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat dalam arti tingkat hidup lebih baik dan bermutu. Kewirausahaan sangat besar peranannya didalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. Maka penelitian ini dirasa sangat penting untuk dilakakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi seorang pengusaha muda dalam berwirausaha. Penelitian ini juga untuk mengetahui pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha muda. Serta penelitian ini juga untuk mengetahui hambatan dalam berwirausaha yang dilakukan oleh pengusaha muda dalam berwirausaha. Penelitian ini bersifat pendekatan kualitatif dan menggunakan motode studi kasus. Penelitian ini melibatkan tiga narasumber utama dan narsumber pendukung didaerah sleman.
Hasil penelitian ini adalah dari motivasi pengusaha muda terjun ke dunia wirausaha dipengaruhi oleh beberapa dorongan. Dari cita – cita, pendapatan yang lebih banyak, kebebasan dalam berkerja, dorongan diri sendiri, kemandirian dan background keluarga sebagai pengusaha juga. Dari pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha muda yang paling menonjol adalah strategi modal berwirausaha, strategi pemilihan lokasi untuk memasarkan barang yang dijual, strategi persaingan dengan memberikan inovasi untuk bertahan dipersaingan pasar. Dari hambatan atau masalah yang muncul dalam berwirausaha yang dilakukan oleh pengusaha muda. Hambatan usaha yang mereka jalani seperti lingkungan lokasi, modal dan SDM karyawan. Beberapa masalah itu yang menghambatan mereka berwirausaha.
Kata Kunci : Hambatan, Kewirausahaan, Motivasi, Pengembangan
Collections
- Management [4550]