Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Surat Kabar Berbasis Yellow Journalism Studi Deskriptif pada Harian Meteor Semarang
Abstract
Nurul Hidayah. 08321123. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Surat
Kabar Berbasis Yellow Journalism (Studi Deskriptif pada Harian Meteor
Semarang). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas
Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012.
Pemasaran surat kabar memerlukan lebih dari sekedar pengembangan
produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi
konsumen sasaran. Pemasaran terpadu merupakan upaya untuk menjadikan
seluruh kegiatan pemasaran dan promosi sehingga dapat membentuk citra positif
produk dan perusahaan. Peran Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated
Marketing Communications) menjadi tuntutan yang wajib dijalankan perusahaan
dalam mengelola sistem komunikasi pemasaran yang kompleks.
Berdasarkan kerangka pikir tersebut, penelitian ini mengambil judul
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Surat Kabar Berbasis Yellow Journalism
(Studi Deskriptif pada Harian Meteor Semarang). Tujuan penelitian ini adalah
menguraikan dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu surat
kabar berbasis yellow journalism, kendala dan solusi dalam pelaksanaan, serta
kekuatan dan kelemahannya. Objek penelitian ini adalah Meteor Semarang, dan
metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma
konstruktivisme. Meteor Semarang sebagai „second class newspaper‟ dari Jawa
Pos dan tergolong sebagai koran kuning yang mempraktikkan jurnalisme kuning
(yellow journalism). Meteor Semarang memiliki ideologi dalam pemberitaan
dengan unsur kriminalitas, metafisika, dan seksualitas. Berdasarkan kualitas isi
pemberitaan, segmentasi pasar Meteor Semarang adalah masyarakat dari kalangan
menengah ke bawah.
Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yang dianalisis melalui teori
komunikasi pemasaran terpadu Machfoedz, Kotler, Brannan, dan Sulaksana yang
meliputi periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, hubungan
masyarakat, penjualan perorangan, sponsorship dan pameran. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dalam upaya memasarkan koran, Meteor Semarang
melakukan strategi pemasaran langsung melalui pengasong tembak, spreading,
dan telemarketing. Telemarketing digunakan Meteor Semarang hanya untuk
mencari pengiklan. Strategi periklanan meliputi iklan outdoor dan iklan
elektronik. Strategi promosi penjualan melalui kupon, hadiah, merchandise,
potongan harga, dan sistem pembayaran yang fleksibel. Strategi penjualan
perorangan melalui tenaga penjual atau wiraniaga. Divisi hubungan masyarakat di
Meteor Semarang secara struktural tidak ada, namun diterapkan oleh Traffic
Order yang merangkap sekretaris redaksi. Meteor Semarang menjadi sponsorship
kegiatan sosial atau event dan mengikuti pameran untuk meningkatkan brand
image dan corporate image, serta membuka peluang untuk meningkatkan jumlah
pengiklan.
Kata kunci:
Komunikasi pemasaran terpadu, Meteor Semarang, koran kuning, jurnalisme
kuning
Collections
- Communication [943]