Manajemen Press Release Humas Polda DIY: Studi Deskriptif Kualitatif pada Tahun 2011
Abstract
Ariella Rendy Romannica, 08321004. Manajemen Press Release Humas Polda DIY
Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tahun 2011. Skripsi Sarjana Ilmu Komunikasi,
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2012.
Perkembangan masyarakat modern seperti sekarang ini telah menciptakan relasi
ketergantungan antara masyarakat dengan media dan peran media pun sebagai
pembentuk citra tidak bisa dipungkiri efektifitasnya. Oleh karena itu mengingat peran
media yang begitu kuat dalam mempengaruhi opini publik maka sudah saatnya institusi
pemerintahan seperti Polda DIY memperhatikan kemampuan menulis dan memanajemen
kegiatan penulisan press release. Hal ini penting karena untuk mendukung kinerjanya
dan juga guna memberikan informasi kepada publik serta dapat menjalin hubungan baik
dengan media.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan dua rumusan masalah, yaitu: bagaimana
manajemen press release humas Polda DIY dan apakah naskah press release humas
Polda DIY sudah sesuai dengan kaidah penulisan press release sesuai teori. Untuk
menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis data yang
digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari hasil wawancara langsung
antara penulis dengan Kabid humas Polda DIY, Kaurpenum humas Polda DIY, dan
Naskah Press Release periode Januari 2011-Desember 2011 sedangakan dan sekunder
didapat dari pengamatan, buku-buku, literatur, website, dan dokumen-dokumen ataupun
sumber lain yang masih relevan dengan masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan manajemen press release yang ada di Humas Polda DIY.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penting. Pertama, humas Polda
DIY memiliki kriteria kebijakan penulisan press release yang mampu di
implementasikan dengan baik. Mekanisme penulisan press release terdiri dari pencarian
materi, penulisan, pengecekan dan penandatangan Kabid Humas Polda DIY, pengiriman
ke media, monitoring dimuat/tidaknya press release, dan evaluasi. Mekanisme
pengiriman press release ke media yaitu naskah yang sudah jadi dikirim secepatnya
kepada wartawan yang dikenal, melalui email/faksimili, dan konfirmasi kepada redaksi
apakah press release sudah diterima/belum.
Evaluasi naskah press release yang dilakukan dengan teknik kliping. Kedua,
naskah press release humas Polda DIY mayoritas jenis topik press releasenya adalah
basic publicity release, memiliki teknik penulisan dengan memasukkan unsur 5W+1H
dan menerapkan unsur piramida terbalik dimana lead yang terletak di paragraf paling atas
berisi informasi yang mencakup pertanyaan 5W+1H, paragraf berikutnya berisi informasi
yang menguatkan paragraf pertama, dan paragraf terakhir berisi rangkuman yang
memperkaya informasi dari keseluruhan isi press release.
Kata Kunci: Press Release, Kebijakan, Evaluasi
Collections
- Communication [943]