Strategi dan Peranan Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Citra Kota “Yogya Berhati Nyaman”
Abstract
Keanekaragaman yang ada di Indonesia adalah budaya nasional yang harus
dijaga. Salah satu budaya yang ingin diciptakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta
seperti yang tertera dalam slogannya Yogya Berhati Nyaman diharapakn memberikan
kesan yang postif untuk Kota Yogyakarta sendiri karena Kota Yogyakarta sebagai
refleksi dari “Indonesia Mini” yang di dalamnya terdapat berbagai masyarakat
majemuk. Tantangan yang dihadapi Bagian Humas dan Informasi adalah memberikan
pelayanan berupa komunikasi terrencana sehingga citra Kota Yogya Berhati Nyaman
tidak hanya sebagai tulisan yang ada di slogan Jogja saja tetapi mampu memberikan
kesan di benak masyarakat Kota Jogja maupun pendatang bahwa Kota Yogyakarta
memang Berhati Nyaman sesuai dengan kepanjangan slogan tersebut yang berarti Kota
Yogya yang Bersih, Sehat, Indah, Aman dan Nyaman.
Penelitian ini berjudul “ PERANAN BAGIAN HUMAS DAN INFORMASI
KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN CITRA KOTA YOGYA
BERHATI NYAMAN”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif yang tujuannya untuk mengetahui bagaimana peranan Public
Relations dan strategi komunikasinya dalam mendukung pencitraan Kota Yogya Berhati
Nyaman dan apa saja peluang dan hambatan dalam upaya meningkatkan citra tersebut.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa peranan Bagian Humas dan
Informasi Kota Yogyakarta melakukan press relations dalam mendapatkan publisitas
citra Yogya Berhati Nyaman. Tidak hanya itu saja, dengan program-program yang telah
dimiliki Bagian Humas dan Informasi seperti Walikota Menyapa, Media Info Kota,
Obrolan Balaikota, Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan, Bagian Humas dan
Informasi Kota Yogyakarta memiliki strategi secara internal dan eksternal untuk
menjaga citra Yogya Berhati Nyaman terrealisasi dengan baik. Sehingga disimpulkan
bahwa Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta melakukan aktivitas peningkatan
citra Yogya Berhati Nyaman meskipun tidak tertulis dalam agenda kegiatannya namun
segala aktivitas kehumasan tertuju pada Yogya Berhati Nyaman.
Kata kunci : Peranan Strategi Public Relations, Press Relations, Community Relations
Collections
- Communication [943]