Membaca Komentar Di Media Sosial Sebagai Hiburan
Abstract
Kehadiran media sosial membawa fungsi serta kegunaan yang beragam bagi para
penggunanya. Fitur komentar merupakan salah satu aspek penting yang ikut serta dalam
mendatangkan fungsi dan kepuasan tersendiri. Penelitian ini mengaplikasikan teori Uses and
Gratification dan Hiburan Media guna menjabarkan motif dan kepuasan pengguna dalam
membaca komentar di media social sehingga memberikan gambaran mengenai pola perilaku
pengguna media social saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan pengumpulan dokumentasi.
Objek dalam penelitian ini merupakan 10 pengguna media sosial yang memiliki kebiasaan
membaca komentar di media sosial. Terdapat empat motif dan kepuasan dalam kegiatan
membaca komentar di media sosial. Keempat motif dan kepuasan yang dimaksud meliputi
informasi, perspektif, hiburan dan inspirasi.
Collections
- Communication [943]