Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Konsumen Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda New Tiger Revolutioner (Studi Minat Beli Konsumen Sepeda Motor di wilayah Condong Catur)
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul “Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Konsumen Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda New Tiger Revolutioner.“ Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap dan norma subyektif konsumen terhadap sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner. Selanjutnya untuk mengidentifikasi pengaruh sikap dan norma subyektif konsumen terhadap minat beli sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner. Selain itu juga ingin menjelaskan pengaruh yang dominan di antara sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat beli sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner. Adapun sikap dilihat dari variabel keyakinan terhadap perilaku dan evaluasi konsumen. Tiap-tiap variabel sikap tersebut mengandung 10 atribut. Sedangkan norma subyekif dilihat dari variabel keyakinan terhadap referen dan motivasi dari referen, setiap variabel ada 4 atribut di dalamnya.
Data diolah dan dianalisis menggunakan analisis model Fishbein dan analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 5 %. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini, maka rumus Product Moment dan Cronbach Alpha menjadi pilihan. Selanjutnya untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat bantu SPSS For Windows 12.0.
Populasi penelitian adalah masyarakat Condong Catur, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang mengetahui sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner akan tetapi belum membeli. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuisioner. Variabel penelitiannya adalah sikap konsumen (X1), norma subyektif (X2) dan minat (Y).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model analisis Fishbein, minat beli konsumen positif terhadap sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner dengan indeks 24,1, sikap konsumen positif terhadap sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner dengan indeks 98,208. Begitu pula dengan norma subyektif terhadap sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner adalah positif dengan indeks 35,73. Analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa, uji F menghasilkan Sig sebesar 0,000 yang berarti sikap dan norma subyektif konsumen secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sepeda motor Honda New Tiger Revolutioner. Uji t menghasilkan Sig 0,000 untuk sikap yang artinya sikap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, begitu pula dengan norma subyektif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan Sig sebesar 0,001. Sikap sebagai variabel dominan yang mempengaruhi minat dengan nilai r sebesar 0,546.
Kata Kunci : Minat beli, sikap, norma subyektif
Collections
- Management [4545]