Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi (Studi Kasus PT. Garuda Indonesia Perwakilan Yogyakarta)
Abstract
Tulus Hermawan (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi
(Studi Kasus PT. Garuda Indonesia Perwakilan Yogjakarta)
Perkembangan perekonomian di Indonesia dewasa ini cenderung telah mengalami pemulihan yang cukup signifikan dibandingkan awal terjadinya krisis moneter dan krisis ekonomi di era tahun 1997an. Seiring dengan pulihnya perekonomian di negara-negara Asia terutama yang terkena dampak langsung krisis ekonomi, dan di dorong oleh pencananaan era perdagangan bebas 2003, maka perusahaan mulai berusaha untuk memenangkan persaingan dengan para kompetitornya. Persaingan tingkat harga antar alat transportasi darat dan udara yang tidak terlalu jauh mendorong konsumen untuk cenderung memilih angkutan udara daripada angkutan darat. Persaingan harga ini juga diiringi dengan persaingan dengan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, seperti Garuda Indonesia Airways, Lion Air, Mandala Airline, Pelita Airline, Merpati Airline, dan beberapa perusahaan lain yang mulai berkembang.
Dalam perusahaan transportasi terutama transportasi udara, biasanya konsumen akan memperhatikan beberapa faktor penting sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian jasa tersebut. Faktor yang sering diperhatikan oleh konsumen adalah faktor pelayanan, harga, fasilitas, kenyamanan, dan keamanan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini akan mencoba menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumenterutama pada perusahaan jasa penerbangan di Indonesia. Untuk mendukung penelitian tersebut, maka penelitian ini akan mengambil judul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi (Studi kasus PT. Garuda Indonesia Perwakilan Yogyakarta). Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas digunakan untuk maengukur sah atau tidaknya suatu kuesioner. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap penggunaan jasa transportasi Garuda Indonesia. Analisis korelasi berganda adalah suatu analisis yang digunakan untuk melakukan pengukuran sejauh mana hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel Pelayanan, Harga, Fasilitas, Kenyamanan dan Keamanan terhadap Perilaku konsumen secara parsial, berdasarkan uji t dan uji F.
Collections
- Management [4539]