Browsing Faculty of Islamic Studies by Subject "Al-Qur’an"
Now showing items 1-6 of 6
-
Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al- Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penggunaan metode pembelajaran memberikan peran sentral dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Ditengah gemuruhnya metode pembelajaran Al-Qur’an SD Islam Cahaya Ilmu dengan segala pertimbangannya memilih ... -
Metode Hafalan Al-qur’an Mahasiswi (Studi Komparasi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-hamra’ Krapyak dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini berangkat dari pentingnya menghafal Al-Qur‟an bagi umat muslim dikarenakan memiliki banyak keutamaannya serta merupakan anjuran Rasulullah Saw. Namun, dalam menghafal Al-Qur‟an tentunya dibutuhkan metode ... -
Metode Menghafal Al-Qur’an di Sdit Salsabila 2 Klaseman, Ngaglik, Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Latar belakang penelitian ini adalah kita selalu dituntut untuk memelihara dan menjaga Al-Qur’an salah satunya dengan menghafalkannya. Di era yang sudah modern ini, dengan percampuran budaya yang dapat kita saksikan dan ... -
PENGARUH AMALAN PERUQYAH TERHADAP INTENSITAS IBADAH SHALAT PARA PERUQYAH DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2019-11-11)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan peneliti terhadap fenomena yang terjadi belakangan ini dimana banyak para peruqyah yang tidak melaksanakan amalan-amalan yang diajarkan serta masih banyak peruqyah yang ... -
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KECEPATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI ASRAMA MAHASISWI KOMPLEK VI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Pada dasarnya kecerdasan emosional seseorang bisa mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an, kenyataanya ketika seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri dan tidak ada rasa takut maka hafalannya bisa lancar. Sedangkan ... -
Peran Guru dalam mendidik Anak Membaca Al- Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Peran guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam Pendidikan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Orang yang memberikan pengetahuan kepada peserta didik adalah guru. Pendidikan identik dengan ...