Peran Guru dalam mendidik Anak Membaca Al- Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta
Abstract
Peran guru merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam
Pendidikan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran di sekolah. Orang yang
memberikan pengetahuan kepada peserta didik adalah guru. Pendidikan identik
dengan guru yang mempunyai makna “digugu dan ditiru”. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam mendidik anak
membaca Al-Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta. 2)
Menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru dalam mendidik anak
membaca Al-Qur’an di TPA Miftahul Jannah Desa Kopatan Sleman Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, Adapun informan
yaitu: Guru TPA, Orangtua santri, dan Takmir masjid. Observasi, wawancara, dan
dokumentasi adalah langkah dari Teknik pengumpulan data. Pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi. Reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data menjadi Teknik analisis data yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukan hasil tes yang dilakukan dengan 16 santri
yang mengaji di TPA Miftahul Jannah dapat disimpulkan bahwa dengan proses
pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan prosedur pedoman yang ada di dalam
TPA maka menjadikan santri lebih meningkat dalam kemampuan membaca Al-
Qur’an, terbukti dengan hasil nilai dan tes yang dilakukan dari 16 santri terdapat
6 anak yang mendapatkan komponen nilai A yaitu sangat baik dalam membaca Al-
Qur’an, 3 anak yang mendapatkan komponen B yaitu santri baik dalam membaca
Al-Qur’an, 5 anak yang mendapatkan komponen C yaitu santri cukup dalam
membaca Al-Qur’an, dan 2 anak yang mendapatkan komponen D yaitu santri
kurang dalam membaca Al-Qur’an.
Collections
- Islamic Education [918]