PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KECEPATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI ASRAMA MAHASISWI KOMPLEK VI PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN
Abstract
Pada dasarnya kecerdasan emosional seseorang bisa mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an, kenyataanya ketika seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri dan tidak ada rasa takut maka hafalannya bisa lancar. Sedangkan ada juga seseorang yang banyak masalah tetapi dia tetap bisa menghafal dengan lancar. Oleh karena itu, dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecepatan menghafal Al-Qur’an santri Asrama Mahasisiwi Komplek VI Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik populasi, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Uji hipotesis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecepatan menghafal Al-Qur’an santri sebesar 23,2%, sedangkan sisanya 76,8% di pengaruhi aspek lain yang mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an seperti faktor usia, metode menghafal, dan sebagainya. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kecepatan menghafal AL-Qur’an santri Asrama Mahasisiwi Komplek VI Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.
Collections
- Islamic Education [863]