Motivasi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Berbelanja Di Swalayan Citrouli Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Motivasi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Berbelanja Di Swalayan Citrouli Yogyakarta. Penelitian dilakukan di Swalayan Citrouli Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor motivasi pembelian konsumen yang mempengaruhi pengambilan keputusan berbelanja di Swalayan Citrouli Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor motivasi yang paling mendominasi dalam keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Swalayan Citrouli Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisa kualitatif, metode analisa kuantitatif dan juga metode analisa korelasi linear berganda. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Metode tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan selanjutnya kuesioner diolah menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS versi 11.5.
Populasi yang diteliti adalah pelanggan swalayan citrouli yang hendak melakukan pembelian suatu barang di Swalayan Citrouli Yogyakarta. Sampel yang digunakan 50 orang. Metode statistik yang digunakan adalah tehnik korelasi linier berganda dan uji statistik cronbach alpha. Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan tehnik korelasi tersebut, dari 4 atribut yang ditawarkan, semuanya terbukti secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya nilai kinerja pada keempat atribut tersebut tidak berbeda secara signifikan dengan harapan konsumen. Motivasi tertinggi ada pada atribut dengan nilai sebesar 0,282 atau sebesar 28,2%, sedangkan motivasi terendah terjadi pada atribut tata ruang dan suasana dengan nilai sebesar 0,112 atau sebesar 11,2%.
Collections
- Management [4550]