Strategi Untuk Mengkombinasikan Model Bisnis Online Dan Offline Pada Umkm
Abstract
Transformasi digital telah menciptakan revolusi informasi, menghilangkan
batas-batas, menciptakan suatu pasar global yang berbasis pengetahuan, dan
mengakibatkan UMKM menemukan model bisnis baru, melakukan transaksi
bisnis serta kerjasama disegala bidang untuk membentuk kekuatan ekonomi.
Aktivitas yang serba digital, bahkan kegiatan transaksi dilakukan secara digital
dikarenakan lebih cepat, efektif dan efisien. Maka dari itu, UMKM dapat
menerapkan strategi model bisnis yang mampu mengkombinasikan kegiatan
online dan offline. Untuk peningkatan kemampuannya, UMKM memulai dengan
pengembangan strategi sampai menjadi hybrid business, serta model bisnis online
dan offline yang telah terbentuk terkombinasikan. Dalam hal ini, penulis
melakukan penelitian pada UMKM yang menggunakan strategi untuk
mengkombinasikan model bisnis online dan offline.
Collections
- Master of Management [408]