Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Dalam Membeli Komputer Notebook
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dalam membeli komputer Notebook dan mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dalam membeli komputer Notebook.
Penelitian ini dilakukan di lingkungan Kampus Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Fakultas Ekonomi yang terdapat di Kelurahan Condong Catur, dimana Kelurahan Condong Catur ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan kuisioner kepada responden pengguna Notebook. Sampel yang diambil adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi yang terdapat di Kelurahan Condong Catur yang meupakan konsumen pengguna komputer Notebook. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linear Ganda dengan Ujji F hitung, T hitung dan Rsquare.
Hasil penelitian memberikan responden penelitian sebagian besar adalah laki-laki yaitu sebanyak 67 orang (63,2%), sedangkan yang perempuan sebanyak 39 orang (36,8%). Responden mahasiswa dan mahasiswi yang berdomisili di Kelurahan Condong Catur, Yogyakarta sebagian besar adalah mereka yang termasuk dalam golongan menengah ke atas. Hal ini dapat dilihat rata-rata uang saku per bulan responden. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa Hipotesis 1 dalam penelitian ini diterima, artinya variabel Marketing mix produk Notebook berupa variabel produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk Notebook. Nilai R square yang diperoleh sebesar 0,643, artinya 64,3% variasi perubahan keputusan membeli produk Notebook dapat dijelaskan oleh variasi produk, harga, distribusi dan promosi, sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar model penelitian ini seperti citra perusahaan, faktor kelompok acuan, kelas sosial, pengalaman konsumen, dan lainnya. Nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,802 dan positif, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara produk, harga, distribusi dan promosi di dalam pembelian Notebook. Hipotesis 2 dalam penelitian ini diterima, artinya variabel produk merupakan variabel Marketing mix produk Notebook yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung variabel produk yang paling tinggi.
Collections
- Management [4581]