Analisis Minat Kunjungan Ulang Pada Pasien Rawat Inap Di Rsu Permata Medika Kebumen
Abstract
Minat kunjungan ulang merupakan topik yang sangat penting dalam konteks
pemasaran. Akan tetapi literature terdahulu masih jarang yang mengkaitkannya
secara bersamaan dengan kepercayaan, kepuasan dan dua jenis pelayanan yaitu
medis dan non medis dengan Rumah Sakit sebagai subjeknya. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan medis dan
kualitas pelayanan non medis terhadap kepuasan, kepercayaan dan minat
kunjungan ulang di RSU Permata Medika Kebumen. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner
terhadap 250 pasien di RSU Permata Medika Kebumen. Data dalam penelitian ini
kemudian dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Model)
dengan software AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
layanan medis dan kualitas layanan non medis berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan. Adapun kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepercayaan dan minat kunjungan ulang. Akan tetapi kepercayaan
ditemukan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap minat kunjungan
ulang.
Collections
- Management [4552]