Implementasi Fungsi Supervisor dan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat
Abstract
Madrasah ibtidaiyah sebagai sekolah dasar berciri khas Islam perlu selalu
ditingkatkan mutunya agar mampu survive di tengah persaingan antar lembaga
pendidikan. Meningkatkan mutu madrasah ibtidaiyah merupakan bagian tanggung
jawab supervisor dan kepala madrasah dalam menjalankan fungsinya. Penelitian
ini dilakukan dalam mengkaji Implementasi Fungsi Supervisor dan Kepala
Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading
Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat dengan fokus Penelitian (1)
Bagaimana implementasi fungsi supervisor, dan (2) Bagaimana implementasi
fungsi kepala madrasah. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui
Implementasi Fungsi Supervisor dan Kepala Madrasah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Menggunakan metode wawancara
mendalam, observasi partsipatif dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dengan
langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Fungsi supervisor adalah sebagai administratif function, evaluation
process, teaching function dan role of consultant. Sedangkan Fungsi Kepala
Madrasah adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader,
enterpreneur, dan climat creator.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi fungsi
supervisor sebagai administratif function, evaluation process, dan role of
consultant sudah terlaksana dengan baik, sedangkan sebagai teaching function
masih kurang terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan. Implementasi Fungsi
Kepala Madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader,
enterpreneur, dan climat creator sudah terlaksana dengan baik di Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Tamiang.
Kata kunci: Implementasi Fungsi, Supervisor, Kepala Madrasah